Contoh Judul Skripsi Ekonomi

Tips Menentukan Judul Skripsi yang Sederhana dan Menarik

Skripsi merupakan tugas akhir berupa karya ilmiah sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana (S1). Bagi Anda yang sedang menjalani perkuliahan semester akhir, tentunya harus mulai menulis skripsi. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan judul dan masalah yang akan diangkat dalam penelitian skripsi.

Namun, tidak hanya mahasiswa semester akhir saja yang perlu menyiapkan judul skripsi. Bagi Anda yang sudah memasuki dunia pendidikan, Anda juga bisa menyiapkan daftar judul skripsi yang nantinya bisa Anda gunakan sebagai karya ilmiah akhir Anda. Menentukan judul skripsi mungkin tampak mudah bagi yang belum mengalaminya.

Namun banyak juga mahasiswa semester akhir yang bingung dengan judul skripsi. Pembuatan judul skripsi harus mudah dipahami sesuai dengan tema atau masalah yang diangkat. Judul skripsi yang terlalu panjang dan berbelit-belit akan membuat orang lain enggan membacanya atau membuat orang lain tidak mengerti maksudnya.

Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan judul skripsi yang sederhana, jelas, mudah dipahami, dan tentunya menarik perhatian pembaca untuk membaca dan mendalami skripsi yang telah Anda buat. Bagaimana caranya? Berikut tips membuat judul skripsi yang sederhana dan menarik!

Tips Menentukan Judul Skripsi yang Sederhana dan Menarik Buat kamu yang bingung memilih judul skripsi, ikuti tips berikut ini!

1. Rajin Membaca Berita dan Melihat Fenomena Sekitar

Agar skripsi Anda menarik perhatian dosen pembimbing atau bacaan lainnya, pilihlah judul skripsi yang berkaitan dengan hal-hal yang sedang dibahas saat ini. Oleh karena itu rajin-rajinlah membaca berita untuk mengetahui berita terkini dan hal-hal yang sedang hangat dibicarakan. Anda juga dapat mengangkat masalah yang terjadi di sekitar Anda. Dalam menentukan judul skripsi, dibutuhkan kepekaan diri terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitar.

2. Baca Tesis/skripsi Orang Lain

Jangan terburu-buru menentukan judul skripsi, mulailah dengan mencari referensi judul skripsi yang sudah dibuat. Anda dapat membaca beberapa tesis senior Anda atau mencari di internet, perpustakaan umum, atau jurnal. Dengan begitu, Anda bisa melihat judul-judul yang sudah dibuat. Hal ini dapat membuat Anda menemukan ide dalam menentukan judul skripsi. Anda juga dapat mengembangkan tesis lama menjadi tesis baru dengan melakukan penelitian lanjutan yang belum terungkap dari penelitian sebelumnya.

3. Buat Judul Skripsi Berdasarkan Minat

Langkah selanjutnya adalah membuat judul skripsi berdasarkan minat Anda sendiri. Pastikan judul yang Anda buat sesuai dengan minat dan minat Anda terkait dengan tema yang diambil. Jangan sampai judul yang kamu buat malah mempersulit kamu karena kamu tidak memiliki minat dan minat terhadap tema yang diangkat, sehingga kamu malas untuk melakukannya. Jika Anda memilih tema yang Anda sukai, prosesnya akan lebih menyenangkan karena Anda tidak merasa terbebani.

4. Sesuaikan dengan Kondisi Saat Ini

Jangan mempersulit diri sendiri dengan memilih judul skripsi yang sumber referensi data pendukungnya sulit didapat. Jika Anda ingin mengangkat tema sejarah, pastikan Anda bisa mendapatkan sumber referensi sebagai data pendukung dengan mudah. Namun untuk memperlancar proses pengerjaan skripsi, disarankan untuk memilih tema yang berkaitan dengan kondisi saat ini. Sehingga banyak sumber referensi dapat diperoleh dengan mudah dan cepat.

5. Pastikan Tema Yang Diambil Dapat Selesai Tepat Waktu

Pastikan tema dan masalah yang Anda angkat dapat diselesaikan tepat waktu. Artinya, Anda juga perlu mempertimbangkan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan skripsi. Juga pertimbangkan waktu penelitian, pengumpulan dokumentasi, dan administrasi tesis lainnya. Jangan sampai memunculkan masalah yang justru akan mengganggu Anda karena memakan banyak waktu. Hal ini dapat membuat Anda tidak dapat menyelesaikan skripsi tepat waktu sesuai dengan peraturan kampus. Kecuali jika ingin melakukan penelitian mandiri, bukan sebagai tugas akhir.

6. Lakukan Pendekatan Langsung ke Lapangan

Tidak ada salahnya sebelum memulai skripsi, Anda melakukan pendekatan langsung di lokasi yang ingin dijadikan tempat penelitian. Ini dapat membantu Anda menemukan ide judul yang menarik. Anda bisa mengunjungi calon lokasi penelitian, mendalami permasalahan yang terjadi dan mengenal pihak-pihak yang ada di sana. Apakah lokasi yang akan Anda jadikan lokasi penelitian dapat memudahkan Anda untuk mendapatkan data penelitian atau tidak. Hal ini penting untuk kelancaran penyelesaian skripsi Anda nantinya.

7. Ikuti Seminar dan Lokakarya

Cobalah mengikuti beberapa kegiatan di luar pembelajaran kampus, misalnya menghadiri seminar dan lokakarya, terutama yang berkaitan dengan penulisan karya ilmiah atau penulisan tesis. Selain menambah pengetahuan tentang menulis naskah

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.